MANAJEMEN LALU LINTAS DI JALAN LINGKAR KAMPUS UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Main Article Content
Abstract
Universtas Brawjaya (UB) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Indonesia dan terbesar di Kota Malang yang perkembangannya setiap tahun makin pesat. Akibatnya terjadi tarikan yang begitu besar ke UB sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas sepanjang jalur lingkar UB. Analisa kinerja lalu lintas dimulai dari pengambilan data cacah lalu lintas untuk mengetahui jumlah lalu lintas harian rata-rata yang berujung pada bagaimana tingkat pelayanan jalan tersebut atau disebut dengan LoS (Level of Service). Hasil analisa menunjukkan bahwa pada 5 tahun mendatang LoS ruas MT Haryono mencapai kategori F, sedangkan untuk simpang ITN, Gajayana dan Suhat semuanya mencapai katagori F. Sehingga diusulkan solusi memecahkan masalah ini yaitu dengan melakukan pemindahan sebagian kegiatan UB ke lokasi di luar lokasi eksisting saat ini dan perbaikan kapasitas simpang dan ruas yang akan meningkatkan kinerja ruas jalan MT Haryono menjadi E begitu juga dengan semua simpang meningkat menjadi E