Pemodelan Bus Surabaya (Moving Moda Sebelum Ke Suroboyo Bus)

Main Article Content

Gaspar Y Tuames

Abstract

Masalah transportasi di Kota Surabaya bersifat kompleks karena tingkat pertumbuhan prasarana jalan yang tidak sebanding dengan peningkatan jumlah pergerakan. Hal ini ditunjukkan dengan semakin padat  dan  menyebabkan kemacetan  dimana-mana,  untuk  itu  pemerintah  kota Surabaya   harus   dapat  memaksimalkan   sarana   transportasi masal  umum. Dengan adanya permasalahan tersebut juga mendorong pemerintah untuk mampu menyediakan fasilitas transportasi umum yang aman, nyaman, tepat waktu, dan dapat menjangkau pusat-pusat kegiatan di Kota Surabaya. Dalam rangka meningkatkan keinginan masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi umum, maka pemerintah menyediakan moda transportasi berupa Bus Suroboyo. Oleh karena itu, Bus Suroboyo ini didesain seaman dan senyaman mungkin agar masyarakat lebih memilih menggunakan moda bus Suroboyo dari pada mengendarai kendaraan pribadi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tarif Bus Suroboyo dengan pendekatan metode Ability To Pay (ATP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ability to pay (ATP) maksimum adalah Rp 10,416.67, minimum Rp 1,875.00 dan rata-rata Rp 4,902.19.

Article Details

How to Cite
TUAMES, Gaspar Y. Pemodelan Bus Surabaya (Moving Moda Sebelum Ke Suroboyo Bus). JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 01-04, apr. 2019. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/279>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v4i1.279.
Section
Articles

References

Ben-Akiva, M. E., Lerman, S. R., & Lerman, S. R. (1985). Discrete choice analysis: theory and application to travel demand (Vol. 9). MIT press.
Bruton, M. J. (1985). Introduction to transportation planning.
Permata, M. R. (2012). Analisa Ability To Pay dan Willingness To Pay Pengguna Jasa Kereta Api Bandara Soekarno Hatta-Manggarai. Universitas Indoenesia.
Supriyatno, D., Sulistio, H., Djakfar, L., & Wicaksono, A. (2012). PERMODELAN KEBUTUHAN TRANSPORTASI MASSAL GUIDED BUSWAY MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING. Jurnal Transportasi, 12(2).
Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi. Bandung: ITB.
Wicaksono, Y. I., Riyanto, B., & Kusumastuti, D. R. (2006). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBAYAR TARIF ANGKUTAN KOTA (Studi Kasus Pengguna Jasa Angkutan Kota pada Empat Kecamatan di Kota Semarang). Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Sipil, 15(1).

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.