Pemanfaatan Air Daerah Aliran Sungai (DAS) Wae Bobo Untuk Memenuhi Kebutuhan Air Irigasi Guna Meningkatkan Hasil Pertanian Di Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur

Main Article Content

Joko Suparmanto Sutirto Sutirto

Abstract

Pertanian sangat erat kaitannya dengan tersedianya air dimana air sangat diperlukan untuk mengairi areal pertanian dalam  usaha peningkatan produksi pertanian. Namun masalah yang sering timbul adalah tidak tersedianya air yang cukup untuk mengairi areal pertanian.  DAS merupakan sebuah ruang yang didalamnya mencakup SDA dan SDM.  DAS Wae Bobo terletak di Kabupaten Manggarai Timur memiliki 7 Daerah Irigasi dengan total luas areal 777 Ha, mempunyai ketersediaan air dari aliran sungai Wae Bobo pada Bulan Januari sebesar 1,584 m3/detik dan yang terkecil pada Bulan Oktober sebesar 0,4163/detik. Debit andalan (Q80) yang terbesar terjadi pada bulan januari sebesar 1,235 m3/detik dan yang terkecil pada bulan Oktober sebesar 0,109 m3/detik. Kebutuhan air untuk irigasi yang terbesar pada bulan Januari sebesar 0,576 m3/detik dan yang terkecil Oktober r 0,055 m3/detik. Untuk menghasilkan debit yang balance surplus guna kebutuhan irigasi dibuat sistem pola tanam padi-padi-polowijo  dengan musim tanam diawali pada  Bulan November untuk meningkatkan hasil pertnaian

Article Details

How to Cite
SUPARMANTO, Joko; SUTIRTO, Sutirto. Pemanfaatan Air Daerah Aliran Sungai (DAS) Wae Bobo Untuk Memenuhi Kebutuhan Air Irigasi Guna Meningkatkan Hasil Pertanian Di Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 28-38, apr. 2019. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/298>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v4i1.298.
Section
Articles

References

Asdak, Chay., (2010) Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta .
Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (2013) Direktorat Irigasi dan Rawa,. Standart Perencanaan Irigasi : Kriteria Perencanaan Jaringan Irigasi (KP 01). Kementrian Pekerjaan Umum, Jakarta, 2013.
Mock, F.J, Dr, (1973) Land Capability Appraisal Indonesia , Water Availability Appraisal, UNDP/FAO, Bogor
Made Kamiana, (2011). Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta,
Soemarto, B.I.E, Dipl. H, (1987). Hidrologi Teknik. Penerbit : Usaha Nasional, Surabaya

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.