STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN JARINGAN IRIGASI PADA DAERAH IRIGASI KODI DI KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA

Main Article Content

Melchior Kase Onisius Loden Matelda Ch. Mauta Theresia A. Bria

Abstract

Irigasi merupakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan air untuk mengairi sawah, ladang, perkebunan, yang sebagai intinya adalah untuk keperluan pertanian dalam usaha tani. Daerah Irigasi Kodi yang secara administratif berada di Desa Watu Wona, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Sumber air Daerah Irigasi ini berasal dari sungai Bondo Kodi yang memiliki areal potensial seluas 3.000 Ha dan 729,09 ha untuk saluran sekunderKawango Hari. Musim tanam yang berlangsung adalah 3 musim tanam yakni padi-palawija-palawija.Tujuan dari penelitian ini untuk merencanakan jaringan irigasi agar kebutuhan air pada daerah irigasi Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya dapat terpenuhi. Data atau informasi yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II yaitu data topografi, data curah hujan dan data klimatologi 10 tahun terakhir dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2017 dan data primer diperoleh dari survey langsung di lapangan yaitu pengukuran situasi saluran irigasi, pengukuan debit sesaat, pengukuran dimensi saluran yang ada, pengkuran panjang saluran yang telah ada. Metode pengolahan data menggunakan perhitungan secara manual sesuai dengan metode Penman Modifikasi untuk menghitung evapotranspirasi, metode Dr. F. J. Mock untuk menghitung debit andalan, menghitung kebutuhan air irigasi (NFR) dan rumus strickler untuk debit saluran. Setelah dilakukan perhitungan maka didapat nilai evapotranspirasi Potensial Metode Penman Modifikasi sebesar 3,115 mm/hari, kebutuhan air irigasi(NFR) sebesar 1,39 ltr/dtk/ha, debit rencana saluran sebesar 1,5625 m3/dtk dan dimensi saluran untuk saluran sekunder ruas Kawango Hari adalah Lebar saluran (B) = 2,06 meter, Tinggi muka air (h) = 2,06 meter, tinggi jagaan (w) = 0,25 meter

Article Details

How to Cite
KASE, Melchior et al. STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN JARINGAN IRIGASI PADA DAERAH IRIGASI KODI DI KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA. JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 78-87, oct. 2019. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/613>. Date accessed: 07 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v4i2.613.
Section
Articles

References

Direktorat Jenderal Pengairan, Departemen Pekerjaan Umum, 2010, Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Jaringan Irigasi, KP-01.
Direktorat Jenderal Pengairan, Departemen Pekerjaan Umum, 2010, Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Saluran, KP-03.
Direktorat Jenderal Pengairan, Departemen Pekerjaan Umum, 2010, Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Bangunan, KP-04.
Hansen, Dkk, 1990, Arti Irigasi Secara Umum, Penerbit Erlangga, Jakarta.
C. D Soemarto, B.I.E. Dipl. H, 1999, Hidrologi Teknik, Penerbit Erlangga, Jakarta.
H.Erman Mawardi, Dipl. AIT,2002, Pengertian Irigasi, Alfabeta, Bandung.
Sri Harto Brotowiryatmo, Dip. H. 1993, Analisis Hidrologi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.