Perencanaan Sistem Drainase Di Kota Kefamenanu (Studi Kasus : Kelurahan Kefamenanu Tengah Dan Kefamenanu Selatan)

Main Article Content

Alfredo Khrisantus Kono Wilhelmus Bunganaen Ruslan Ramang

Abstract

Perkembangan pembangunan pada suatu kawasan mengakibatkan lahan kosong untuk meresapkan air secara alami akan semakin berkurang karena permukaan tanah yang tertutup oleh aspal dan pemukiman ditambah dengan kondisi sistem drainase yang buruk akan menambah kelebihan air yang tidak terbuang. Kelurahan Kefamenanu Tengah dan Kefamenanu Selatan menjadi pusat aktivitas dan kegiatan ekonomi masyarakat di Kota Kefamenanu. Perkembangan sarana dan prasarana pada kedua wilayah tersebut menimbulkan permasalahan mengenai genangan air. Hasil penelitian curah hujan digunakan kala ulang 2 tahun sebesar 68,961mm dan saluran yang direncanakan berjumlah 68 saluran berbentuk persegi. Berdasarkan pemilihan alternatif maka 44 saluran dipertahankan dimensinya, 5 saluran diubah dimensi dan dikombinasikan dengan sumur resapan serta 19 saluran direncanakan baru. Dimensi saluran rata-rata b=0,82m, h=0,86m, 16 gorong-gorong dengan diameter rata-rata 0,68m dan 12 Bak penampung rata-rata b=0,60m dan h=1,30m. Sumur resapan direncanakan pada 74 bangunan dengan diameter 1,0m yang dibuat dalam 2 tipe yaitu Tunggal(< 1,5m) dan Paralel (>1,5m).


Kata kunci : Sistem Drainase,  Debit Rencana, Debit Eksisting, Sumur Resapan

Article Details

How to Cite
KONO, Alfredo Khrisantus; BUNGANAEN, Wilhelmus; RAMANG, Ruslan. Perencanaan Sistem Drainase Di Kota Kefamenanu (Studi Kasus : Kelurahan Kefamenanu Tengah Dan Kefamenanu Selatan). JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 01-10, oct. 2020. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/624>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v5i1.624.
Section
Articles

References

BPS. 2017. Kecamatan Kota Kefamenanu Dalam Angka. BPS TTU
Edisono, S, dkk. 1997. Drainase Perkotaan. Gunadarma. Jakarta.
Hasmar H. A. 2012. Drainase Terapan. UII Press. Yogyakarta.
Kemen PU. 2011. Tata Cara Perencanaan Sistem Drainase Perkotaan. SNI Jakarta.
Kusnaedi. 2011. Sumur Resapan Untuk Pemukiman Perkotaan dan Perdesaan. Penebar Swadaya – Jakarta.
Pena, C. 2016. Pemanfaatan Sumur Resapan dalam Meminimalisir Genangan Air (Studi Kasus : Depan SMAN 1 Kupang). Kupang : Universitas Nusa Cendana.
Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan. Andi. Yogyakarta
Wesli. 2008. Drainase Perkotaan. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Penerbit: Graha.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.