Analisis Ketersedian Air Dan Penggunaan Air (Water Balance) Untuk Penduduk Kota Kupang

Main Article Content

Ivonia Isabela Raya Wilhelmus Bunganaen Rosmiyati A Bella

Abstract

Kota Kupang merupakan salah satu Kota di provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki kondisi iklim yang kering dengan curah hujan tahunan sebesar 731 mm/tahun, sehingga dapat dikategorikan sebagai kota dengan curah hujan rendah (<1500 mm/tahun). Kondisi ini menyebabkan diperlukannya suatu analisis keseimbangan air. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi, pemanfaatan air dan keseimbangan air di Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa analisis data yang diperoleh dari lapangan yaitu data koordinat dan elevasi lokasi studi  dan metode kuantitatif berupa analisis hidrologi untuk  analisis neraca air berdasarkan metode FJ Mock dan analisis penduduk menggunakan metode aritmatik. Selanjutnya pengumpulan data primer dilakukan melalui pengambilan titik koordinat dan dokumentasi di lapangan, sedangkan data sekunder yang dikumpulkan adalah data curah hujan dari BMKG, data embung dari BWS NT2, data mata air dan sumur bor dari P2AT dan data penduduk dari BPS Kota Kupang. Berdasarkan hasil perhitungan neraca air, total ketersediaan air (aktiva)  di Kota Kupang sebesar 147.120.00 m³/tahun dan total pemanfaatan / kebutuhan air (pasiva) sebesar 129.120.000 m³/tahun. Hal ini menunjukan bahwa di Kota Kupang  terjadi surplus air. Namun di sisi lain, penelitian ini juga memperlihatkan adanya defisit air di tiga Kecamatan di Kota Kupang pada musim kemarau. Oleh karena itu perlu dilakukan pengolahan dan pemanfaatan air agar terjadi keseimbangan air pada  musim hujan dan musim kemarau.


Kata kunci : Ketersediaan, Neraca Air Penggunaan

Article Details

How to Cite
RAYA, Ivonia Isabela; BUNGANAEN, Wilhelmus; BELLA, Rosmiyati A. Analisis Ketersedian Air Dan Penggunaan Air (Water Balance) Untuk Penduduk Kota Kupang. JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 20-28, oct. 2020. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/634>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v5i1.634.
Section
Articles

References

Anonimus. (2011). Studi Alternatif Sistim Pengembangan Sumber Air Baku di Daerah Kering Pulau - pulau Kecil NTT. Kupang: PT. Jasakons Putra Utama Konsultan Teknik.
Asdak, C. (2010). Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
https://kelair.bppt.go.id. (n.d.). Retrieved from https://kelair.bppt.go.
https://Republika.co.id. (n.d.). Retrieved from https://Republika.co.id
Soemarto, C. D. (1981). Hidrologi Teknik. Surabaya: Usaha Nasional.
suripin. (2003). Sistem Drainase Kota Yang Berkelanjutan . Yogyakarta: Andy.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.