Analisa Kerusakan Lapis Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)

Main Article Content

Rima Devira Azhari Hermansyah Hermansyah Eti Kurniati

Abstract

Kota Sumbawa Besar merupakan ibukota dari Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dari luasnya Sumbawa besar yang sampai dengan 6.644 km2, jalan yang ada di Sumbawa Besar ini kemungkinan sebagian memiliki kerusakan. Khususnya pada daerah Batu alang sampai dengan Universitas Teknologi Sumbawa dengan jarak panjang 2200m dengan lebar jalan 3m dan tiap segmen memiliki 100m/segmen. Jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan baik kendaraan ringan ataupun sedang. Sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan pada jalan tersebut dan memerlukan pemeliharaan dan perbaikan. Maka dari peneliti bertujuan untuk mengidentifikasikan kerusakan jalan dan memberikan solusi perbaikan jalan. Metode yang digunakan adalah metode Pavement Condition Index dengan segmen 22 pada ukuran 100m/segmen. Berdasarkan perhitungan diperoleh jenis kerusakan dengan metode Pavement Condition Index dari banyaknya jenis kerusakan jalan. Adapun kerusakan yang paling parah yaitu kerusakan fair dengan nilai PCI 21 dan kerusakan yang tidak ada kerusakan yaitu kerusakan excellent dengan nilai 100

Article Details

How to Cite
AZHARI, Rima Devira; HERMANSYAH, Hermansyah; KURNIATI, Eti. Analisa Kerusakan Lapis Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI). JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 38-46, oct. 2020. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/642>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v5i1.642.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.