Analisis Potensi Likuifaksi Di Kawasan Underpass Yogyakarta International Airport (YIA)
Main Article Content
Abstract
Fenomena likuifaksi akibat gempa merupakan hilang/berkurangnya daya dukung tanah karena hilangnya inter-granular stress antar butir-butir tanah untuk menahan beban getaran gempa akibat naiknya tegangan air pori. Dampak likuifaksi dapat menimbulkan kerugian dan kerusakan yang besar pada infrastruktur. Evaluasi potensi likuifaksi dilakukan di kawasan Underpass Yogyakarta International Airport (YIA) dengan menggunakan data N-SPT sebanyak lima data bor. Analisis potensi likuifaksi bertujuan untuk mengetahui nilai safety factor (SF) di kawasan tersebut. Peristiwa likuifaksi akan terjadi jika nilai SF lebih kecil dari satu. Nilai safety factor (SF) adalah perbandingan nilai Cyclic Resistance Ratio (CRR) yang merupakan tahanan tanah terhadap likuifaksi dan Cyclic Stress Ratio (CSR) yang merupakan tegangan geser yang timbul akibat gempa. Hasil analisis potensi likuifaksi di kawasan Underpass YIA menunjukan bahwa lapisan tanah pasir di Underpass YIA berpotensi mengalami likuifaksi pada kedalaman 4-6 m dari permukaan tanah pada titik bor BH01 dan BH05. Sedangkan pada titik bor BH02, BH03, dan BH04, lapisan tanah pasir di lokasi Underpass YIA tidak berpotensi terjadi likuifaksi. Untuk menghilangkan potensi terjadinya likuifaksi pada struktur underpass dilakukan penggalian di kedalaman 4-5 m serta dilakukan penggantian material (replacement) tanah asli dengan material sirtu setebal 50 cm.
Article Details
References
BSN. (2012). SNI 1726:2012 tentang tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan non gedung. Badan Standarisasi Nasional.
Hardiyatmo, H. C. (2018). Mekanika Tanah 2 (Edisi Keenam). Gadjah Mada University Press.
Iqbal, P., Tohari, A., Sadisun, I. A., & Nugroho, D. (2014). Fasies Sedimen Kuarter berpotensi likuifaksi Pesisir Kota Padang , Provinsi Sumatra Barat berdasarkan Data Inti Bor dan CPTu. Jurnal Lingkungan Dan Bencana Geologi, 5(1), 1–18.
Jalil, A., Fathani, T. F., Satyarno, I., & Wilopo, W. (2020). A Study on The Liquefaction Potential in Banda Aceh City After the 2004 Sumatera Earthquake. International Journal of GEOMATE, 18(65), 147–155. https://doi.org/10.21660/2020.65.94557
Pawirodikromo, W. (2012). Seismologi Teknik & Rekayasa Kegempaan (Edisi Pertama). Pustaka Pelajar.
Rahardjo, W., Sukandarrumidi, & Rosidi, H. M. . (1977). Peta Geologi lembar Yogyakarta, Jawa skala 1:100.000 (Edisi II). Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.
Seed, H. B., & Idriss, I. M. (1970). A Simplifies Procedure For Evaluating Soil Liquefaction Potential (EERC 70-9, Issue November). College of Engineering University of California.
Seed, H. B., & Idriss, I. M. (1982). Ground Motions and Soil Liquefaction during Earthquake. Earthquake Engineering Research Institute Monograph.
Youd, T. L., Idriss, I. M., Andrus, R. D., & Castro, G. (2001). Liquefaction Resistance of Soils : Summary Report from the 1996 NCEER and 1998 NCEER / NSF Workshops on Evaluation of Liquefaction Resistance of Soils. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering, 127(October), 817–833. https://doi.org/10.1061/(ASCE)1090-0241(2001)127
Dissertation/Thesis, Unpublished
Kuntoro, T. H. (2007). Pengembangan kurikulum pelatihan magang di SMK : Suatu studi berdasarkan dunia usaha (Unpublished Doctoral dissertation). Program Pasca Sarjana UNNES, Semarang.
Government Document
National Institute of Mental Health. (2008). Clinical training in serious mental illness (DHHS Pubication No. ADM 90-1679). Washington, DC : U. S. Government Printing Office.
Conference Proceedings
Suci, P., Tjipto, P., & Budi, J. (Eds.). (2013). Implementasi penggunaan simulasi phET dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa. , Prosiding Seminar Nasional IPA IV . Semarang: Program Studi Pendidikan IPA S1 FMIPA UNNES.