Peningkatan Keselamatan Pada Perlintasan Sebidang Dengan Menggunakan Software Vissim (Studi Kasus Di Nyomplong Kota Sukabumi)

Main Article Content

Tiyas Mauliani Kusnadi Anton Budiharjo Budhy Harjoto

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi ketersediaan fasilitas perlengkapan jalan menggunakan metode before-after dan menganalisis panjang antrian kendaraan pada saat palang pintu kereta api ditutup pada perlintasan sebidang di Nyomplong kota Sukabumi dengan simulasi software vissim  yang mengacu pada Surat Keputusan Dirjen 770 tahun 2005 dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia tahun 1997.


Peningkatan perlintasan sebidang di Nyomplong untuk meningkatkan keselamatan yaitu memperbaharui fasilitas perlengkapan jalan pada perlintasan, menjadikan sistem satu arah dan pembangunan Fly Over.

Article Details

How to Cite
KUSNADI, Tiyas Mauliani; BUDIHARJO, Anton; HARJOTO, Budhy. Peningkatan Keselamatan Pada Perlintasan Sebidang Dengan Menggunakan Software Vissim (Studi Kasus Di Nyomplong Kota Sukabumi). JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 102-110, dec. 2020. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/672>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v5i2.672.
Section
Articles

References

(2003). Surat Keputusan Wali Kota Sukabumi
(2005). Perencanaan Geometrik Jalan.
(2007). UU Nomor 23 tentang Perkeretaapian.
(2014). PTV Planung Transport Verkehr AG .
Bustomi, A. (2019). Pemberontakan pengendara di kalangan usia remaja dalam tindakan penilangan oleh polisi di jalan merupakan manifestasi perilaku.
Dinata, C. P. (2019). The Importance of Development in Laboratory Diagnosis at the Intersection.
MKJI. (1997). MKJI.
Pambudi, C. R. (2018). Peningkatan Keselamatan pada perlintasan sebidang benteng kabupaten ciamis.
Puslitbang Transportasi jalan dan perketaapian, H. (2016). Perlintasan sebidang kereta api kota Cirebon.
Putra, R. K. (2017). Inspeksi Keselamatan Perlintasan sebidang Sorowajan Baru Yogyakarta.
SKdirjen. (2005). Perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan.
Ulfah, M. (2017). Mikrosimualsi Lalu Lintas Pada Simpang Tiga.
Witarya, G. (2016). Optimalisasi simpang empat bersinyal dengan menggunakan mikrosimulasi mixed trafficperangkat lunak vissim dan perhitungan HCM (Highway Capacity Manual).

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.