Efektifitas PKM Saat Pandemi-Covid-19, Terhadap Kinerja Ruas Jalan Di Kota Denpasar EFEKTIFITAS PKM SAAT PANDEMI-COVID-19, TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DI KOTA DENPASAR

Main Article Content

I Made Kariyana

Abstract

Dunia saat ini sedang mengalami pendemi covid-19 tidak terkecuali Indonesia khususnya di Kota Denpasar yang juga terkena dampak dari covid-19. Corona virus adalah virus RNA dengan ukuran partikel 120-160 hm, yang dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan pada manusia dan berujung dengan kematian dan diberi nama SARS-CoV-2 (Sosilo, 2020). Penyebaran covid-19 di Indonesia terkonfirmasi terjadi pada Bulan Februari tahun 2020, karena hal tersebut pada awal Maret tahun 2020 Provinsi Bali khususnya Kota Denpasar akhirnya mengeluarkan Peraturan Wali Kota Denpasar  No 32 tahun 2020 tentang pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) di Desa, Kelurahan dan Desa Adat dalam percepatan penanganan Corona Virus Disease. Peraturan ini terdiri dari 9 bab dengan 20 pasal yang mengatur PKM, bantuan sosial, partisipas masyarakat, hiingga sanksi. PKM tentunya mengakibatkan perubahan pada arus lalu lintas di Kota Denpasar, oleh karena itu dengan memperhatikan perubahan yang terjadi akibat adanya PKM penulis ingin melakukan analisis tentang efektifitas PKM terhadap kinerja ruas jalan dengan MKJI dan metode time headway dengan studi kasus pada ruas Jalan Hang Tuah, ruas Jalan WR. Supratman, dan ruas Jalan Tukad Yeh Aya. Dari hasil analisis yang telah dilakukan baik dengan MKJI atau metode time headway diperoleh bahwa pembatasan kegiatan masyarakat belum efektif dibuktikan dengan masih padatnya pengendaraan yang melakukan aktifitas diluar rumah, yang lebih didoinasi dengan pengendaraan bermotor.

Article Details

How to Cite
KARIYANA, I Made. Efektifitas PKM Saat Pandemi-Covid-19, Terhadap Kinerja Ruas Jalan Di Kota Denpasar. JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 111-114, dec. 2020. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/690>. Date accessed: 28 july 2021. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v5i2.690.
Section
Articles

References

Andiani, C.A., 2013, Studi Penetapan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (emp) Kendaraan Bermotor Menggunakan Metode Time Headway Dan Aplikasinya Untuk Menghitung Kinerja Ruas Jalan.
Anthinio, L. 2017. Studi Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Untuk Becak Bermotor Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Jl. H Adam Malik – Jl. Gatot Subroto dan Simpang Jl.Pemuda- Jl. Balai.
Departemen Menteri Perhubungan 2006. Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas
Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Dijen Bina Marga Jakarta.
Emmanuellla, L.L.L., Lalamentik, G.J., dan Pandey. S.V. 2018. Analisis Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (emp) dengan Metode Time Headway dan Regresi Linear Berganda Studi Kasus: Jalan Raya Tomohon.
Joewono, T. B., Tjastadipradja, M. A. R.,dan Rachmawan, A.T. 2015. Kajian Ekivalensi Mobil Penumpang Pada Tipikal Jalan Antar Kota Empat Laju Dua Arah (Study On Passenger Car Equivalence On Four – Lane Two- Way Divided Typical Interruban Road)
Juniarta, I.W., Negara, I.W., dan Wikrama, J.A.A.N.A, 2012 Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang pada ruas jalan Perkotaan.
Kariyana,I.M., Ardana,P.D H., & Sumarda, G. 2019. Analisis Arus Jenuh di Simpang Bersinyal dengan Metode Time Slice dan MKJI 1997 (Studi Kasus Simpang Sudirman – Yos Sudarso). Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguuan Ringgi Universitas Mercu Buana Jakarta Tanjung Benoa-Bali,29 Nopember 2019, 257-264.
Pandey, A.G.P.S.V., dan Rumayar, A.L.E 2010. Studi Nilai Emp Dengan Metode Rasio Headway Dan Analisis Regresi Liniear.
Putri, N. M., Hasanuddin, A., Sulistyono, S. 2014. Penentuan Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Menggunakan Metode Analisis Regresi Linier (Studi Kasus Jl. A. Yani dan PB. Sudirman, Jember).
Prima, G.R., Iskandar, H., Joewono, dan T.B. 2014. Kajian Nilai Ekivalansi Mobil Penumpang Berdasarkan Data Waktu Antara Pada Ruas Jalan Tol (A Study Of Passengger Car Eguivalency Based On Headway ForTollRoads).
Rosadi, T. D., Sugiarto., dan Anggraini, R.2019. Penggunakan Okupodasi dan Komposisi Kendaraan Untuk Menentukan Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Pada Lalu Lintas Campuran di Bundaran Empat Lengan.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.