Efektivitas Marka Kotak Kuning (Yellow Box Junction) Di Kota Denpasar (Studi Kasus : Simpang Bersinyal Ahmad Yani Utara)

Main Article Content

I Made Kariyana I B. Gede Indramanik I Putu Agus Sudiartama

Abstract

Perkembangan aktivitas di Kota Denpasar harus diimbangi dengan sistem pengaturan lalu lintas yang baik dan prasarana yang mendukung. Kemacetan lalu lintas biasanya sering terjadi pada persimpangan, hal ini terjadi karena akumulasi kendaraan pada satu titik ke arah yang berlawanan atau berbeda. Menanggulangi permasalahan lalu lintas tersebut, Pemerintah Provinsi Bali menerapkan sistem yang bertujuan untuk pengaturan dan pengendalian yaitu dengan menerapkan marka kotak kuning, baik pada simpang yang bersinyal maupun pada simpang yang tidak bersinyal. Yellow Box Junction (YBJ) berfungsi untuk melarang kendaraan berhenti digaris kuning walaupun lampu hijau masih menyala agar kepadatan dipersimpangan tidak terkunci. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja simpang dan efektivitas marka YBJ di Simpang Ahmad Yani Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan tingkat pengetahuan tentang marka YBJ menggunakan analisis statistik SPSS. Hasil penelitian ini yaitu mempunyai derajat kejenuhan (DS) yang sama pada pendekat Utara, Selatan dan Barat yaitu 0.690. Untuk nilai panjang antrian masing-masing pendekat yaitu pendekat Utara 63m, Selatan 58m, Barat 32m. Untuk nilai tundaan pendekat Utara 8.76det/smp, Selatan 4.86det/smp, Barat 27.88det/smp. Untuk tingkat pelayanan termasuk dalam klasifikasi tingkat pelayan B. Efektivitas marka YBJ dinyatakan efektif, dilihat dari persentase pelanggar yang kecil dan didukung oleh faktor – faktor pemahaman dan kedisiplinan masyarakat yang tinggi. Dengan efektifnya marka YBJ dipersimpangan dapat meningkatkan kinerja Simpang.

Article Details

How to Cite
KARIYANA, I Made; INDRAMANIK, I B. Gede; SUDIARTAMA, I Putu Agus. Efektivitas Marka Kotak Kuning (Yellow Box Junction) Di Kota Denpasar (Studi Kasus : Simpang Bersinyal Ahmad Yani Utara). JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 63-74, nov. 2021. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/745>. Date accessed: 19 may 2022.
Section
Articles

References

Baidin, M.K. 2018. Rancang Bangun Pendeteksi Kendaraan Pada Yellow Box Junction Berbasis Arduino Mega 2560 Dengan Sensor Ultrasonik. Universitas Mercu Buana. Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Dirjen Bina Marga. Jakarta.
Parahita, I A.D.P. 2017. Penerapan Marka Kotak Kuning Dalam Pengendalian Lalu Lintas Di Kota Denpasar. (Tugas Akhir yang dipublikasikan, Fakultas Hukum Universitas Udayana, 2017)
Pranoto, I B. 2017. Analisis Penerapan Marka Jalan Yellow Box Junction Menggunakan MKJI 1997 (Studi Kasus : Jl. Letjend Soepono – Permata Hijau), Jakarta Selatan.
Purnomo, R.A. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS : Penerbit CV. Wade Group.
Raharjo, S et al., 2017. Evaluasi Marka Yellow Box Junction (Studi Kasus : Simpang Jln. Ahmad Yani – Jln. Kh Ahmad Dahlan – Jln. Sultan Abdurrahman – Jln. Gusti Sulung Lelanang Dan Simpang Jln. Tanjung Pura – Jln. Imam Bonjol – Jln. Pahlawan – Jln. Sultan Hamid Pontianak).
Rahman, A. 2015. Analisis Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Waturenggong) Di Kota Denpasar. (Tugas Akhir yang dipublikasikan, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Warmadewa, 2015).Setiawan, et al., 2019. Analisis Efektifitas Marka Yellow Box Junction Terhadap Kinerja Simpang Empat Tritura Kota Medan. Medan.
Setiawan, Y.A et al., 2017. Analisis Efektifitas Marka Yellow Box Junction Terhadap Kinerja Simpang Di Kota Surakarta (Studi Kasus: Simpang Tiga Bolong Kota Surakarta).
Shinta, N L.P et al., 2019. Persepsi Pengemudi Terhadap Bangunan Pelengkap Jalan Di Tol Cipularang.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Tjahjani, A.R. dan Hutapea, N.P., 2013. Analisis Kinerja Yellow Box Junction (Studi Kasus Simpang Jalan Mayjen Sutoyo, Jakarta).
Wirasutama, C.P et al., 2017. Pemahaman Masyarakat Terhadap Marka Jalan “Yelow Box Junction” Di Kota Denpasar.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.