Pengaruh Aktivitas Lalu Lintas Terhadap Kebisingan Pada Wilayah Rumah Sakit di Kota Pekanbaru ( Studi Kasus : RS Awal Bros Panam)

Main Article Content

Muchammad Zaenal Muttaqin Wanit JJ

Abstract

Kebisingan adalah akumulasi suara yang mengganggu manusia dalam kegiatan sehari-hari Salah satu penyebab kebisingan ialah pergerakan lalu lintas yang berada di sekitar wilayah bangunan tersebut, salah satunya ialah wilayah rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh aktivitas lalu lintas kendaraan yang berada di wilayah Rumah Sakit Awal Bros Panam terhadap nilai kebisingan yang terjadi di wilayah rumah sakit tersebut.  Pengaruh kebisingan dari lalu lintas menggunakan metode prediksi dari Bina Marga, sedangkan nilai kebisingan eksisting dihasilkan dari alat Sound Level Meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai prediksi Bina Marga menunjukkan hasil yang tidak berbeda dengan angka kebisingan eksisting. Lebih lanjut, hasil menunjukkn bahwa tingkat kebisingan tertinggi terjadi pada hari sibuk adalah 51,41 dBA dibandingkan saat saat akhir pekan yakni 50.94 dBA, sedangkan nilai kebisingan eksisting terdeteksi sebesar 52,9 dBA saat hari sibuk dan 52,88 dBA pada hari tidak sibuk . Selain itu, hasil prediksi kebisingan akibat lalu lintas masih menunjukkan nilai yang wajar dibandingkan dengan standard baku mutu KepMenLH No. 48 Tahun 1996 tentang standar baku mutu tingkat kebisingan, dimana masih jauh di bawah angka 55 dbA sebagai angka aman kebisingan pada wilayah rumah sakit.

Article Details

How to Cite
MUTTAQIN, Muchammad Zaenal; JJ, Wanit. Pengaruh Aktivitas Lalu Lintas Terhadap Kebisingan Pada Wilayah Rumah Sakit di Kota Pekanbaru. JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 45-49, nov. 2021. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/747>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v6i2.747.
Section
Articles

References

Adris. A. Putra, & Djalante, S. (2012). Estimasi tingkat kebisingan lalu-lintas dengan metode transport road and research laboratory (trrl) pada kawasan senapati land. Tekno-Sipil, 10(57), 1–8.
Bina Marga. (2004). Prediksi Kebisingan akibat Lalu Lintas. Jakarta.
Djalante, S. (2010). Analisis tingkat kebisingan di jalan raya yang menggunakan alat pemberi isyarat lalu lintas (apil) (Studi kasus: Simpang Ade Swalayan). Jurnal SMARTek, 8(4), 280–300. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/222051-analisis-tingkat-kebisingan-di-jalan-ray.pdf
Mulyono, G. S. (2012). Analisis kebisingan akibat arus lalulintas di rumah sakit pku muhammadiyah surakarta. 65–70.
Muttaqin, M. Z. (2017). Karakteristik pemilihan moda sepeda motor kelompok mahasiswa universitas islam riau ( Studi Kasus : Fakultas Teknik ). Konferensi Nasional Teknik Sipil 11 (Konteks) Untar, 26–27.
Raniasta, Y. S., Ikaputra, & Widyastuti, D. T. (2016). Pengembangan Kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta Berbasis Transit Dengan Pendekatan Aksesibilitas. Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda, 14/No. 01/, 41–54.
Savitri, M. A., & Syafei, A. D. (2018). Pemetaan Tingkat Kebisingan di Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 7(1), 192–195. https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28998
Sihombing, L. (2011). Kebisingan pada Rumah Sakit dan Kenyamanan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Methodist Kota Medan Tahun 2010. Universitas Sumatra Utara.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.