KAJIAN PENATAAN DAN PENGEMBANGAN KAWASAN KOLAM SUSUK – GURITA SEBAGAI KAWASAN WISATA BAHARI DI KABUPATEN BELU

Main Article Content

Melchior Bria

Abstract

Salah satu obyek wisata yang potensial di kembangkan di Kabupaten Belu adalah Kawasan Wisata Kolam Susuk dan Teluk Gurita.   Kawasan ini memiliki daya tarik  bagi wisatawan, selain nilai sejarah dari kolam susuk juga kondisi pantainya dan pemandangan ke arah laut disepanjang Teluk Gurita  nilai visual tinggi.  Kawasan ini dirancanakan oleh Pemerintah Kabupaten Belu akan segera dikembangkan. Pengembangan kawasan wisata ini, perlu didahluai dengan suatu kajian secara teliti tentang kondisi kawasan wisata Kolam Susuk dan Gurita. Diharapkan dengan mengidentifikasi kondisi Kawasan Wisata tersebut akan diperoleh suatu gambaran awal sebagai dasar melakukan perencanaan penataan kawasan. Penelitian ini, selain membahas kondisi eksisting kawasan wisata, juga akan memberikan suatu model penataan kawasan wisata yang dapat dijadikan rujukan untuk penataan kawasan secara menyeluruh dan terpadu. Dari uraian kondisi kawasan wisata Kolam Susuk dan Gurita, menegaskan bahwa dari aspek alam berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata andalan. Secara umum, di kawasan tersebut telah tersedia sarana dan prasarana dasar  baik yang berkaiatan langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan pariwisata.  Identifikasi Potensi ini, penting karena berkaitan dengan strategi pengembangan kawasan wisata. Konsep pemanfaatan ruang memiliki kaitan erat dengan potensi kawasan baik itu secara fisik maupun potensi sosial budaya masyarakat setempat.


Pengembangan kawasan wisata Kolam Susuk dan Gurita di bagi dalam beberapa Zona sebagai sebuah model yang dapat dijadikan rujukan dalam melakukan penataan kawasan tersebut yaitu : Zona I : Kawasan Pintu Gerbang (Gapura), Zona II        : Penataan Kawasan Gua Maria, Zona III      : Penataan Kawasan Kolam Susuk dan sekitarnya, Zona IV     : Penataan Kawasan Pemancingan dan Pemandian daerah Aidila, Zona V: Kawasan PLTU – Penghijauan di sisi kiri kanan, revetment pantai dan penghijauan Bakau, Zona VI: Kawasan Pantai Aufuik – Patung Meokaliduk, Zona VII  : Teluk Gurita

Article Details

How to Cite
BRIA, Melchior. KAJIAN PENATAAN DAN PENGEMBANGAN KAWASAN KOLAM SUSUK – GURITA SEBAGAI KAWASAN WISATA BAHARI DI KABUPATEN BELU. JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 21-31, aug. 2017. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/77>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v1i1.77.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.