The The Study of People Preference About Re-Activation Planning of Railway Routes of Jember – Situbondo
Main Article Content
Abstract
Perjalanan Jember – Situbondo hanya bisa dilalui menggunakan bus kelas ekonomi memakan waktu perjalanan 2,5 – 3 jam dan angkutan pribadi memakan waktu 1,5 – 2jam. Perkembangan kegiatan manusia mengakibatkan peningkatan moda transportasi. Hal ini menjadi bahan pertimbangan PT. KAI untuk mengaktifkan kembali rute Jember – Situbondo yang sempat ditutup pada tahun 2004. Preferensi masyarakat dalam membayar tarif dibutuhkan untuk mengetahui minat masyarakat dalam perencanaan skenario tarif. Data didapatkan melalui kuesioner yang disebar di sepanjang jalur yang pernah dilintasi kereta api Jember – Situbondo. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, serta analisis stated preference. Faktor paling kuat yang mempengaruhi Willingness to Pay adalah Pendapatan dan Frekuensi. Responden yang melakukan perjalanan lebih dari 1 kali dalam sebulan dan memiliki pendapatan < Rp 1.000.000, mayoritas memilih skenario tarif 1. Untuk hasil analisis kesediaan membayar responden diperoleh batas minimum yakni Rp 10.000, batas maksimum yakni Rp 20.500, dan nilai median yakni Rp 16.000.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) dan Politeknik Negeri Kupang sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) dan Politeknik Negeri Kupang.
JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) dan Politeknik Negeri Kupang, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil): yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/