Perkerasan Kaku Analisa Tebal Perkerasan Kaku (Rigit Pavement) Di Desa Serapek Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

Main Article Content

Yogi Farnandu Ami warti Syahril Alzahri

Abstract

Jalan Desa Serapek Kecamatan Teluk Gelam merupakan salah satu jalan desa yang menghubungkan ke beberapa desa. Kerusakan jalan yang terjadi pada Desa Serapek diakibatkan adanya kegiatan tambang pasir dan truk pasir yang melintas pada ruas jalan Desa serapek dan dilakukan setiap harinya, sehingga jalan menuju Desa Serapek mengalami keruasakan yang cukup parah. Solusi yang diberikan adalah dengan mengganti jalan yang sebelumnya jalan lentur (flexible) menjadi jalan kaku atau (Rigid Pavement) yang diharapkan dapat mengurangi kerusakan jalan dan memberi rasa aman, nyaman dan kuat saat berkendara. Metode Perencanaan yang digunakan yaitu menggunakan metode Pd-T-14-2003. Berdasarkan hasil analisa didapatlah dengan tebal taksiran pelat beton 200mm berjenis Beton Bersambung Tanpa Tulangan (BBTT), dengan menggunakan mutu kuat tekan beton Fc 25 Mpa / K300, dan Tie Bars Ø 16 mm, panjang 70 cm dan jarak antar tie bars 75 cm. Sedangkan ruji (dowel) yang digunakan Ø 33 mm, panjang 45 cm dan jarak antar ruji (dowel) 30 cm, dengan umur rencana 20 tahun.

Article Details

How to Cite
FARNANDU, Yogi; WARTI, Ami; ALZAHRI, Syahril. Perkerasan Kaku Analisa Tebal Perkerasan Kaku (Rigit Pavement) Di Desa Serapek Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 20-27, apr. 2022. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/777>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v7i1.777.
Section
Articles

References

1. Diklat Perkerasan Kaku (2017) Konsep Dasar dan Konstruksi Perkerasan Kaku
2. Hanafiah, H, Z & Sulaiman, A,R (2018) Rekayasa Jalan Raya, Penerbit ANDI, Yogyakarta.
3. Indriasari, Achmad P. R, Siti R. (2019) Analisa Perencanaan Peningkatan Jalan Menggunakan Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Kosambi-Telagasari
Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Krisnadwipayana, Jakarta.
4. Nahak, R, Philipus, & Yosep Cahyo S.P, & Sigit Winarto (2019) Kajian perencanaan tebal perkerasan untuk pembangunan jalan raya di ruas jalan Umasukaer Di
Kabupaten Malaka, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.
5. Nur, Doni, Haidar (2019) Proyek Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 Rencana ketebalan kemasan padat di ruas Jalan Taman Rahayu Kota
Bekasi.. Program Studi Teknik Sipil, Universitas Jayabaya.
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan
7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 26 Tahun 1985 Tentang Jalan
8. SNI Pd T-14-2003, Perencanaan Perkerasan Beton Semen, Departemen Pemukiman dan Prasarna Wilayah.
9. Sukirman, S (1991) Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung.
10. Supiyono (2018) Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya, Penerbit Polinema Press, Malang
11. Undang-undang No 38 Tahun 2004 Tentang Jalan
12. Wijayanti, Sri, Dwi (2011) Keuntungan dan Kerugian Flaxible Pavement dan Rigid Pavement.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.