Perkerasan Kaku Analisa Tebal Perkerasan Kaku (Rigit Pavement) Di Desa Serapek Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)
Main Article Content
Abstract
Jalan Desa Serapek Kecamatan Teluk Gelam merupakan salah satu jalan desa yang menghubungkan ke beberapa desa. Kerusakan jalan yang terjadi pada Desa Serapek diakibatkan adanya kegiatan tambang pasir dan truk pasir yang melintas pada ruas jalan Desa serapek dan dilakukan setiap harinya, sehingga jalan menuju Desa Serapek mengalami keruasakan yang cukup parah. Solusi yang diberikan adalah dengan mengganti jalan yang sebelumnya jalan lentur (flexible) menjadi jalan kaku atau (Rigid Pavement) yang diharapkan dapat mengurangi kerusakan jalan dan memberi rasa aman, nyaman dan kuat saat berkendara. Metode Perencanaan yang digunakan yaitu menggunakan metode Pd-T-14-2003. Berdasarkan hasil analisa didapatlah dengan tebal taksiran pelat beton 200mm berjenis Beton Bersambung Tanpa Tulangan (BBTT), dengan menggunakan mutu kuat tekan beton Fc 25 Mpa / K300, dan Tie Bars Ø 16 mm, panjang 70 cm dan jarak antar tie bars 75 cm. Sedangkan ruji (dowel) yang digunakan Ø 33 mm, panjang 45 cm dan jarak antar ruji (dowel) 30 cm, dengan umur rencana 20 tahun.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) dan Politeknik Negeri Kupang sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) dan Politeknik Negeri Kupang.
JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) dan Politeknik Negeri Kupang, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil): yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
References
2. Hanafiah, H, Z & Sulaiman, A,R (2018) Rekayasa Jalan Raya, Penerbit ANDI, Yogyakarta.
3. Indriasari, Achmad P. R, Siti R. (2019) Analisa Perencanaan Peningkatan Jalan Menggunakan Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Kosambi-Telagasari
Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Krisnadwipayana, Jakarta.
4. Nahak, R, Philipus, & Yosep Cahyo S.P, & Sigit Winarto (2019) Kajian perencanaan tebal perkerasan untuk pembangunan jalan raya di ruas jalan Umasukaer Di
Kabupaten Malaka, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.
5. Nur, Doni, Haidar (2019) Proyek Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 Rencana ketebalan kemasan padat di ruas Jalan Taman Rahayu Kota
Bekasi.. Program Studi Teknik Sipil, Universitas Jayabaya.
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan
7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 26 Tahun 1985 Tentang Jalan
8. SNI Pd T-14-2003, Perencanaan Perkerasan Beton Semen, Departemen Pemukiman dan Prasarna Wilayah.
9. Sukirman, S (1991) Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung.
10. Supiyono (2018) Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya, Penerbit Polinema Press, Malang
11. Undang-undang No 38 Tahun 2004 Tentang Jalan
12. Wijayanti, Sri, Dwi (2011) Keuntungan dan Kerugian Flaxible Pavement dan Rigid Pavement.