Analisis Kapasitas Dan Kebutuhan Ruang Parkir Di Kawasan Pantai Warna Oesapa
Main Article Content
Abstract
Pemakaian fasilitas parkir bagi masyarakat yang berkunjung ke Pantai warna oesapa perlu dilakukan pengaturan dan penataan fasilitas parkir yang baik. Parkir yang sangat mengganggu kelancaran lalu lintas adalah parkir yang berada pada badan jalan (on street parking). Dalam penelitian ini dilakukan analisis karakteristik parkir untuk mendapatkan kebutuhan ruang parkir. . Hasil kebutuhan parkir sepeda motor yang menggunakan fasilitas on street di Pantai Warna Oesapa pada saat ini bila dihitung menggunakan rumus adalah 581,42 SRP sepeda motor, sedangkan bila dihitung dengan mengacu kepada peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat adalah 675 SRP sepeda motor.Perkiraan kebutuhan ruang parkir pada 10 tahun mendatang (tahun 2030) termasuk memindahkan on street parking ke ruang parkir di Pantai Warna Oesapa, adalah sebesar 996,83 SRP sepeda motor
Article Details
References
Cheng, Cheng et al. 2018. “Designing a Time Limited–Parking Management Plan for Large-Scale Parking Lots.” Journal of Transportation Engineering, Part A: Systems 144(7).
Kemenparekraf. 2020. “Rencana Strategis KEMENPAREKRAF/BAPAREKRAF 2020-2024.” Kemenparekraf.
Lestari, Nita Ayu, Rahmatang Rahman, and Anas Tahir. 2020. “On Street Parking Effect To Performance Of The Imam Bonjol Street In Palu City.” Journal Of Applied Civil and Environmental Engineering 1(1).
Parmar, Janak et al. 2020. “Evaluation of Parking Characteristics: A Case Study of Delhi.” In Transportation Research Procedia,.
Ukonze, Frances Ifeoma, Maxwell Umunna Nwachukwu, Donald Chiuba Okeke, and Uloma Jiburum. 2020. “Analysis of Vehicle Ownership Growth in Nigeria: Policy Implications.” Case Studies on Transport Policy 8(3).
Wadu, Amy, Harnen Sulistio, and Achmad Wicaksono. 2017. “Kajian Kapasitas, Kebutuhan, Dan Efektivitas Pakir Di Bandar Udara El Tari Kupang.” Rekayasa Sipil 11(1).
Warpani, Suwardjoko. 1993. “Rekayasa Lalu Lintas.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9).