Analisis Kinerja Simpang Empat Bersinyal Pada Simpang Polda Kota Kupang
Main Article Content
Abstract
Persimpangan merupakan tempat bertemunya arus lalu lintas dari dua ruas jalan atau lebih. Persimpangan merupakan kawasan yang biasanya menimbulkan kemacetan, terutama jika persimpangan tersebut berdekatan dengan pusat keramaian. Salah satu persimpangan yang sering mengalami kemacetan lalu lintas yaitu pada simpang empat bersinyal Polda Kota Kupang. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis kinerja simpang empat bersinyal Polda Kota Kupang dan memberikan solusi yang optimum untuk memperbaiki kinerja dan tingkat pelayanan yang mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisa pada penelitian ini menunjukan derajat kejenuhan (DS) simpang Polda Kota Kupang cukup tinggi mencapai 0,82 sedangkan untuk tingkat pelayaan masuk dalam kategori “E” dengan tundaan rata-rata mencapai 50,7 detik/smp. Usulan yang ditawarkan yaitu penerapan Sistem Satu Arah (SSA) pada Jl. Herewila dan pengaturan simpang dengan 3 fase. Usulan penerapan sistem satu arah menghasilkan Derajat Kejenuhan 0,77 dan tingkat pelayanan masuk kategori “D” dan tundaan rata-rata mencapai 43 detik/smp sedangkan usulan pengaturan simpang dengan 3 fase menghasilkan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,68 dan tingkat pelayanan masuk kategori “D” dengan tundaan rata-rata mencapai 29 detik/smp.
Article Details
References
Anonymous (2009). Undang – Undang No 22 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Anonymous,(2006).Peraturan Pemerintah No 32 Tentang Jalan.
Anonymous,(2004).Undang –Undang Republik Indonesia No 38 Tentang Jalan.
Anonymous,(1993). Peraturan Pemerintah No 32 tentang prasarana lalu lintas.
Badan Pusat Statistik Kota Kupang (2021). Badan Pusat Statistik Kota Kupang Dalam Angka 2021.
Bina Marga, (1995).Indonesian High Capacity Manual, Jakarta.
Kusuma,I Gusti .N.S. Dharma (2012). Kajian Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Polda Kota Kupang
Errampalli (2015). Optimalisasi Kinerja Simpang Bersinyal Bangkong, Jurnal Teknik Sipil &Perencanaan
Khisty, C.J. dan Lall, B.K., (2005). Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi, Erlangga,Jakarta.
Wadu, A., Tuati, A. A., & Sodanango, M. R. (2020). Strategy To Reduce Traffic Jams On Piet A. Tallo Street, Kupang City. UKaRsT, 4(2), 138-150.
Wadu, A., Kusumawardhani, R., & Suherminingsih, I. (2018). Manajemen Lalu Lintas di Jalan Lingkar Kampus Universitas Brawijaya. JUTEKS: Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 266-272.
Wadu, A., Loden, O., & Bria, T. (2019, October). Analysis of Capacity and Level of Service (LoS) of Piet A. Tallo Street Kupang, Indonesia. In ICESC 2019: Proceedings of the 1st International Conference on Engineering, Science, and Commerce, ICESC 2019, 18-19 October 2019, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia (p. 73). European Alliance for Innovation.