PENGARUH VISITOR EXPERIENCE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PENGUNJUNG MUSEUM ADITYAWARMAN PADANG)

  • Gebi Tamara Manurung Universitas Negeri Padang
  • Feri Ferdian Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah visitor experience memiliki pengaruh secara signifikan, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap minat berkunjung kembali yang di mediasi oleh kepuasan pengunjung di Museum Adityawarman Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan memakai pendekatan asosiatif kausal yang bersifat menanyakan ikatan antara 2 ataupun lebih variabel yang bersifat sebab akibat. Sampel dari penelitian ini merupakan 120 responden, metode pengambilan sampel yang digunakan merupakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Prosedur analisis data pada penelitian ini memakai path analysis dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4.0 guna menguji ikatan variabel mediasi dalam hipotesis. Hasil riset menunjukkan jika visitor experience mempunyai pengaruh yang disignifikan baik secara langsung serta tidak langsung terhadap minat berkunjung kembali dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening pada pengunjung di Museum Adityawarman Padang.

Published
2023-08-08
How to Cite
MANURUNG, Gebi Tamara; FERDIAN, Feri. PENGARUH VISITOR EXPERIENCE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PENGUNJUNG MUSEUM ADITYAWARMAN PADANG). TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 85 - 93, aug. 2023. ISSN 2685-4511. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/tourism/article/view/1108>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/tourism.v6i2.1108.