Peranan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Pengembangan Wisata Kuliner lokal di Desa Tuamese Kabupaten Timor Tengah Utara

  • Martarida Bagaihing Politeknik Negeri Kupang
  • Juan B. Beno
  • Yudha Eka Nugraha Politeknik Negeri Kupang
  • Christina Mariana Mantolas Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten TTU dalam Pengembangan wisata kuliner di Desa Tuamese, Kabupaten TTU. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, sedangkan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan observasi berdasarkan 6 indiktor yaitu Regulator, Dinamisator, Fasilitator, katalisator, Wisata Kuliner dan Makanan Khas. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji kebahasaan data. Hasil dari penelitan menyimpulkan bahwa peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam pengembangan wisata kuliner di Desa Tuamese Kabupaten TTU sangat penting karena berhubungan dengan pengembangan daya tarik wisata yang ada di Desa Tuamese. Namaun dalam penerapan peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata masih terbatas. Sebagai regulator sebatas pada perencanaan penyusunan peraturan desa untuk penyelengaraan kegiatan pariwisata. Sebagai dinamisator, peran Dinas Pariwisata dengan memberikan sosialisasi dan bimbingan terkait pengolahan kuliner. Sebagai Fasilitator, Dinas Pariwisata melakukan sosialisasi dan pelatiham terkait pengembangan potensi pariwisata yakni sosialisasi pembuatan kuliner dan sofinier di Desa Tuamese. Sebagai katalisator, Dinas Pariwisata belum terlibat maksimal karena semuanya masih dalam tahap rencana dan belum ada kegiatan yang terealisasi.

Published
2023-09-11
How to Cite
BAGAIHING, Martarida et al. Peranan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Pengembangan Wisata Kuliner lokal di Desa Tuamese Kabupaten Timor Tengah Utara. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 111-119, sep. 2023. ISSN 2685-4511. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/tourism/article/view/1110>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/tourism.v6i2.1110.