STUDI KASUS UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN GEN Z TERHADAP MUSLIM-FRIENDLY TOURISM DI SEGITIGA EMAS BALI
Abstract
Penelitian ini mengkaji upaya para stakeholders dalam meningkatkan kesadaran Gen Z terhadap potensi muslim-friendly tourism di Kawasan Segitiga Emas Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain riset studi kasus yang melibatkan 80 responden wisatawan Gen Z dan 7 perwakilan stakeholders. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi lapangan, penyebaran kuesioner, dan wawancara, dianalisis melalui analisis data kualitatif, dan triangulasi guna mengecek keabsahan data. Ditemukan bahwa para Gen Z memandang Kawasan Segitiga Emas Bali memiliki potensi muslim-friendly tourism yang baik. Para stakeholders juga telah berupaya dalam meningkatkan kesadaran Gen Z terhadap potensi muslim-friendly tourism, melalui media komunikasi online, media informasi on-site, kegiatan aksi sosial, dan kebijakan pemerintah daerah. Namun, terdapat tantangan dalam pengaplikasiannya, yaitu dapat menciptakan polemik rasial dan berpotensi menciptakan segmentasi khusus. Oleh karenanya, perlu adanya kerja sama antar stakeholders dalam meningkatkan kesadaran Gen Z terhadap potensi muslim-friendly tourism ada di Segitiga Emas Bali.