PENGELOLAAN HOMESTAY LOPO MUTIS DI DESA WISATA FATUMNASI

  • Ariance Ana Lasibey Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Desa wisata Fatumnasi merupakan desa wisata yang ada di Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan keunggulan Cagar Alam yang  berada di kaki Gunung Mutis serta memiliki potensi lokal  yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan. Adanya desa wisata ini menjadi peluang bagi warga untuk menyediakan Homestay bagi wisatawan. Selain mejadi akomodasi yang ditawarkan,


Homestay juga menjadi peluang usaha bagi warga. Usaha homestay bagi masyarakat digunakan sebagai mata pencaharian tambahan setelah pertainan,untuk itu perlu penelitian mendalam untuk mengetahui lebih dalam tentang kondisi homestay di Desa Wisata Fatumnasi.Homestay merupakan salah satu kriteria dari adanya desa wisata.Homestay sebagai salah satu bentuk akomodasi pariwisata berperan cukup penting dalam upaya pengembangan pariwisata di desa wisata.Pemerintah Indonesia juga telah membuat kebijakan terkait pengembangan amenitas (homestay).Persepsi tentang konsep homestay menjadi salah satu hal penting bagi pemilik homestay.Setelah memahami konsep homestay, pemilik dapat mengelola homestay sesuai dengan pedoman pengelolaan homestay. Aspek pengelolaan homestay antara lain pengelolaan  fisik dan lingkungan, sumber daya manusia, kelembagaan, data, dan promosi. Pengelolaan homestay secara profesional dapat menjadi peluang bagi masyarakat untuk menarik wisatawan tinggal lebih lama untuk menikmati kekayaan alam dan budaya di Desa Wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan pengelolaan homestay di desa wisata Fatumnasi . Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah referensi dalam kajian pariwisata khusunya mengenai pengelolaan homestay. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkap persepsi homestay sudah diketahui pemilik, tetapi masih ada kekurangan dalam pengelolaan homestay oleh pengelola di desa wisata Fatumnasi. Saran dari penulis adalah perlunya pelatihan bagi pemilik homestay tentang homestay dan pengelolaannya.

Published
2020-06-16
How to Cite
LASIBEY, Ariance Ana. PENGELOLAAN HOMESTAY LOPO MUTIS DI DESA WISATA FATUMNASI. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 43-51, june 2020. ISSN 2685-4511. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/tourism/article/view/654>. Date accessed: 03 july 2020. doi: https://doi.org/10.32511/tourism.v3i1.654.