PENERAPAN Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainable (CHSE) DALAM ERA NORMAL BARU PADA DESTINASI PARIWISATA KOTA KUPANG

  • Sari Bandaso Tandilino Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Karena terdampak paling awal, paling beresiko tinggi kerugiannya dan paling akhir pemulihannya. Sehingga Kota Kupang yang memiliki destinasi wisata alam, budaya dan buatan sebanyak 59 DTW juga mengalami dampak penurunan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 80%. padahal kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD Kota Kupang sebesar 60% setiap tahun. Untuk itu menggairahkan kembali maka Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mewajibkan semua industri pariwisata untuk menerapkan Protokol Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainable (CHSE).


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan protokol CHSE di obyaek daerah tujuan wisata Kota Kupang dengan teknik pengumpulan data melalui kegiatan bimbingan teknis  penerapan CHSE dengan membagikan kuesioner kepada 40 pengelola destinasi wisata sebagai responden dan mengolahnya menggunakan teknik analisa data kualitatif berupa penyajian   dalam bentuk  matriks, grafik, dan bagan.


Berdasarkan hasil perhitungan Importance-Performance Analysis maka dari tingkat kesesuaian diatas diperoleh nilai kesesuaian antara penilaian kepentingan dan harapan pengelola destinasi pariwisata terhadap penerapan 148 item pelaksanaan protokol CHSE di Kota Kupang sebesar 75%. Hal ini berarti bahwa penilaian pengelola atau pemilik daya tarik wisata tersebut termasuk dalam kriteria Baik dalam penerapan Protokol Cleanliness, Healthy, Safety, & Environmental Sustainable (CHSE).

Published
2020-12-31
How to Cite
TANDILINO, Sari Bandaso. PENERAPAN Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainable (CHSE) DALAM ERA NORMAL BARU PADA DESTINASI PARIWISATA KOTA KUPANG. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 62-68, dec. 2020. ISSN 2685-4511. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/tourism/article/view/737>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/tourism.v3i1.656.