MOTIVASI DAN PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WISATA GUNUNG FATULEU, DESA NUNSAEN, KECAMATAN FATULEU TENGAH, KABUPATEN KUPANG

  • Agustino Conterius Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan yakni mengenai motivasi dan persepsi wisatawan terhadap daya tarik wisata Gunung Fatuleu.  Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja motivasi yang mendorong wisatawan untuk berkunjung ke daya tarik wisata Gunung Fatuleu? dan (2) bagaimanakah persepsi wisatawan terhadap daya tarik wisata Gunung Fatuleu?. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui motivasi wisatawan yang berkunjung ke daya tarik wisata Gunung Fatuleu, dan (2) untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap terhadap daya tarik wisata Gunung Fatuleu. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mendukung penelitian ini maka dikumpulkan data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 636 wisatawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Dalam menentukan jumlah sampel penelitian, penulis menggunakan rumus Slovin dengan toleransi eror sebesar 5%, dan mendapat jumlah wisatawan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 245 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata wisatawan memiliki physical or physiological motivation , social or interpersonal motivation dan fantasy motivation yang sangat tinggi dan cultural motivation yang rendah untuk berwisata pada daya tarik wisata Gunung Fatuleu. Rata-rata wisatawan juga memberikan persepsi yang sangat baik terhadap komponen 4A yang meliputi atraction, amenities, accessibility dan ancillary service yang terdapat di daya tarik wisata Gunung Fatuleu.

Published
2020-12-31
How to Cite
CONTERIUS, Agustino. MOTIVASI DAN PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WISATA GUNUNG FATULEU, DESA NUNSAEN, KECAMATAN FATULEU TENGAH, KABUPATEN KUPANG. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 83-92, dec. 2020. ISSN 2685-4511. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/tourism/article/view/738>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/tourism.v3i2.738.