UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN ROOMBOY PADA KEBERSIHAN KAMAR TAMU DI SOTIS HOTEL KUPANG

  • Christina Mantolas Politeknik Negeri Kupang
  • Laurensius Sandro Rero Politeknik Negeri Kupang
  • Martarida Bagaihing Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Upaya pelayanan menjadi salah satu hal yang penting dalam industri perhotelan. Dimana prinsip dari industi perhotelan yang memadukan antara produk dan jasa layanan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya pelayanan roomboy dalam meningkatkan kebersihan kamar di Sotis Hotel Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yaitu yang langsung terlibat dalam objek penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan informanyaitu Supervisor Housekeeping,  roomboy,  dan tamu. Hasil dari penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa keramahan, kecepatan dan ketelitian romboy dalam meningkatkan kebersihan kamar di Sotis Hotel Kupang sangat diperlukan untuk memberikan kesan yang baik bagi tamu dalam upaya pelayanan yang di berikan untuk mencegah complaint dari tamu.

Published
2022-10-16
How to Cite
MANTOLAS, Christina; RERO, Laurensius Sandro; BAGAIHING, Martarida. UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN ROOMBOY PADA KEBERSIHAN KAMAR TAMU DI SOTIS HOTEL KUPANG. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 22-30, oct. 2022. ISSN 2685-4511. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/tourism/article/view/877>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/tourism.v5i1.877.