ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH SEBELUM DAN DI MASA PANDEMI COVID 19 SERTA DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS PEMERINTAH KOTA KUPANG)

  • Sri Endar Utami Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Pandemi Covid 19 menyebabkan penurunan penerimaan pajak baik pusat maupun daerah. Salah satu sumber penerimaan pajak yang menopang pendapatan asli daerah yaitu pajak restoran. Pada saat kondisi pandemi pajak restoran cenderung turun karena dipengaruhi daya beli masyarakat dan kunjungan wisatawan yang juga menurun. Maka dari itu penelitian ini akan menganalisis besarnya kontribusi pajak daerah khususnya pajak restoran dan laju pertumbuhan pada pendapatan asli daerah Kota Kupang sebelum dan di masa pandemi Covid 19 serta di era new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan data yaitu dokumentasi. Data akan dianalisis menggunakan rumus analisis kontribusi dan laju pertumbuhan. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat kontribusi pajak restoran pada PAD Kota Kupang tahun 2017-2021 cukup fluktuatif, rata-rata sebesar 9% dengan kriteria kinerja keuangan sangat kurang. Laju pertumbuhan penerimaan pajak restoran mengalami penurunan yang sangat signifikan. Laju pertumbuhan berangsur naik pada masa new normal tahun 2021 walaupun masih dalam kondisi negatif.

Published
2022-10-16
How to Cite
UTAMI, Sri Endar. ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH SEBELUM DAN DI MASA PANDEMI COVID 19 SERTA DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS PEMERINTAH KOTA KUPANG). TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 31-36, oct. 2022. ISSN 2685-4511. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/tourism/article/view/881>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/tourism.v5i1.881.