PENGEMBANGAN PANTAI LIMAN SEBAGAI DAERAH WISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA UITIUH TUAN KEC.SEMAU SELATAN KABUPATEN KUPANG

  • Merlin Luisa Malelak Politeknik Negeri Kupang
  • Lorens Riwu

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata pantai Liman Berbasis Masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara informan dalam penelitian ini adalah pengelola pantai Liman, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan masyarakat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di pantai Liman. Terdapat 5 dimensi yang di lihat oleh penulis dan dari kelima dimensi tersebut masih terdapat kekurangan pada dimensi ekonomi, sosial, budaya dan politik. Salah satu faktor penghambat belum tercapainya tujuan keempat dimensi ini adalah belum terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan juga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengakomodir masyarakat untuk sadar wisata terutama berpartisipasi dalam pengembangan wisata Pantai Liman. Dimensi yang sudah terselenggara dengan baik yaitu dimensi lingkungan hidup. Kebersihan pantai sudah terjaga dengan baik berkat kerjasama masyarakat, pengelola pantai Liman dan juga aparat desa hal ini menjadi faktor yang mendukung pengembangan wisata Pantai Liman yaitu keasrian lingkungan dan keindahan alam pantaiĀ  yang masih tetap terjaga.

Published
2022-10-16
How to Cite
MALELAK, Merlin Luisa; RIWU, Lorens. PENGEMBANGAN PANTAI LIMAN SEBAGAI DAERAH WISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA UITIUH TUAN KEC.SEMAU SELATAN KABUPATEN KUPANG. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-8, oct. 2022. ISSN 2685-4511. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/tourism/article/view/882>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/tourism.v5i1.882.