PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
STUDI KASUS DI WISATA KULINER PANTAI WARNA OESAPA
Abstract
Pengelola wisata kuliner dituntut untuk memberikan layanan yang memuaskan kepada para wisatawan( konsumen ) yang berkunjung. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui signifikansi pengaruh baik secara parsial maupun simultan kualitas pelayanan pelayanan yaitu Bukti fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) terhadap kepuasan konsumen di Wisata Kuliner Pantai Warna Oesapa.Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dimana populasinya adalah semua konsumen yang berkunjung di lokasi wisata kuliner Pantai Warna Oesapa.Jumlah sampel yang digunakan adalah 96 orang diambil dengan metode pengambilan sampel non probability sampling, dengan menggunakan teknik purposive sampling.Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan diolah dengan analisa regresi berganda. Secara parsial dan simultan, unsur-unsur kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Wisata Kuliner Pantai Warna Oesapa Kota Kupang. Hanya saja terdapat unsur kualitas pelayanan yaitu Reliability yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini kemungkinan karena unsur dalam variabel bebas tersebut tidak terlalu diperhatikan oleh konsumen pada Wisata Kuliner Pantai Warna Oesapa. Sedangkan empat unsur kualitas pelayanan lainnya yaitu Tangibles, Responsiveness, Assurance dan Empathy merupakan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Wisata Kuliner Pantai Warna Oesapa Kota Kupang
Hak cipta dari setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dipegang oleh penulis. Penulis memberikan kepada jurnal hak non-eksklusif untuk menerbitkan dan mendistribusikan artikel tersebut, serta mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan artikel tersebut selama penggunaan tersebut menyebutkan penulis asli dan sumber publikasi.
Semua konten dalam jurnal ini tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan pihak lain mendistribusikan, mengubah, memperbaiki, dan membangun karya jurnal ini, membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan pengakuan yang sesuai kepada penulis asli dan sumber publikasi serta melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.
Penulis mempertahankan hak untuk:
- Membuat dan mendistribusikan salinan dari artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak atau digital kepada rekan kerja, kolaborator, atau pihak ketiga lainnya.
- Memasukkan artikel tersebut dalam tesis atau disertasi.
- Menggunakan seluruh atau sebagian artikel tersebut dalam buku atau karya lainnya.
- Menggunakan ilustrasi atau data dari artikel tersebut dalam karya masa depan.
Dengan menyerahkan artikel ke jurnal ini, penulis setuju dengan persyaratan hak cipta yang diuraikan di atas.