PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

STUDI KASUS DI WISATA KULINER PANTAI WARNA OESAPA

  • Margaretha Sartien Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Kupang
  • Yefta Sanam Politeknik Negeri Kupang
  • Septia S Dioh Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Pengelola wisata kuliner dituntut untuk memberikan layanan yang memuaskan kepada para wisatawan( konsumen ) yang berkunjung. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui signifikansi pengaruh baik secara parsial maupun simultan kualitas pelayanan pelayanan yaitu Bukti fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) terhadap kepuasan konsumen di Wisata Kuliner Pantai Warna Oesapa.Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dimana populasinya adalah semua konsumen yang berkunjung di lokasi wisata kuliner Pantai Warna Oesapa.Jumlah sampel yang digunakan adalah 96 orang diambil dengan metode pengambilan sampel non probability sampling, dengan menggunakan teknik purposive sampling.Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan diolah dengan analisa regresi berganda. Secara parsial dan simultan, unsur-unsur kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Wisata Kuliner Pantai Warna Oesapa Kota Kupang. Hanya saja terdapat unsur kualitas pelayanan yaitu Reliability yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini kemungkinan karena unsur dalam variabel bebas tersebut tidak terlalu diperhatikan oleh konsumen pada Wisata Kuliner Pantai Warna Oesapa. Sedangkan empat unsur kualitas pelayanan lainnya yaitu Tangibles, Responsiveness, Assurance dan Empathy merupakan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Wisata Kuliner Pantai Warna Oesapa Kota Kupang

Published
2020-06-30
How to Cite
SARTIEN, Margaretha; SANAM, Yefta; DIOH, Septia S. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 65-77, june 2020. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/660>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.