Karakteristik Mekanis Komposit dengan Penguat Kulit Kemiri

  • Agustinus D Betan Politeknik Negeri Kupang
  • Amiruddin Abdullah Politeknik Negeri Kupang
  • Fransisko P Niron Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Komposit merupakan material yang menjadi favorit dewasa ini karena memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan bahan logam dan sintetis. Keunggulan material ini diantarannya  densitas rendah, terbarukan, biaya produksi rendah, sifat mekanik yang baik serta berlimpah. Bahan baku pembuatan material komposit umumnya banyak ditemukan di alam berupa limbah yang digunakan sebagai penguat komposit seperti limbah sabut kelapa, ampas tebu, serat lontar, sagu. Kulit kemiri dikenal sebagai limbah pertanian yang memiliki cangkang yang sangat keras dan kuat. Limbah ini banyak ditemukan di daerah pedesaan dengan jumlah yang cukup banyak dan digunakan sebagai bahan baku untuk memasak serta pengeras jalan raya. Penggunaan di lapangan ini mengartikan bahwa kulit kemiri berpeluang sebagai salah satu bahan penguat komposit.


Penelitian ini menggunakan limbah kulit kemiri sebagai penguat komposit. Metode pembuatannya adalah mencampurkan kulit kemiri bersama resin poliester kemudian dituangkan dalam cetakan uji bending. Spesimen uji bending dibuat dalam fraksi volume 5%, 10%, 15% kulit kemiri dengan ukurannya mesh 1. Hasil pengujian menunjukan peningkatan kekuatan bending seiring bertambahnya fraksi volume penguat kulit kemiri. Kekuatan bending tertinggi terjadi pada fraksi volume 15% sebesar 644 MPa dan terendah pada fraksi volume 5% sebesar 451 MPa. Karakteristik mekanis komposit ini selanjutnya akan menjadi dasar pembuatan berbagai produk mebel.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agustinus D Betan, Politeknik Negeri Kupang

Jurusan Teknik Mesin PNK

Amiruddin Abdullah, Politeknik Negeri Kupang

Jurusan Teknik Mesin PNK

Fransisko P Niron, Politeknik Negeri Kupang

Jurusan Teknik Mesin PNK

Published
2018-06-01
How to Cite
BETAN, Agustinus D; ABDULLAH, Amiruddin; NIRON, Fransisko P. Karakteristik Mekanis Komposit dengan Penguat Kulit Kemiri. Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 43-48, june 2018. ISSN 2656-422X. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/JTM/article/view/187>. Date accessed: 25 apr. 2024.