Analisis Kepuasan Dan Ekspektasi Penumpang Angkutan Penyeberangan Dengan Pengembangan Metode Servqual Dan Tarif Di Lintas Bolok - Hansisi

Main Article Content

Engelberd Leonardo Mailau Yenita Yenita

Abstract

Salah satu jenis transportasi yang di gunakan oleh masayarakat NTT adalah Angkutan Penyeberangan. Hal ini dapat dilihat pada lintas penyeberangan Bolok (Kupang) – Hansisi (Semau) dengan jarak lintasan 4 mil dan waktu tempuh pelayaran 30 menit. Penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 dalam mengolah dan menganalisis data. Metode pengambilan data adalah purposive sampling yang penetapan sampel didasarkan pada kriteria tertentu. Hasil penelitian memperlihatkan variabel Metode SERVQUAL berpengaruh signifikan langsung terhadap kepuasan penumpang kapal angkutan penyeberangan dengan hubungan antar variabel yang positif. Variabel tarif berpengaruh signifikan secara langsung meskipun hubungan antara variabel tarif dan kepuasan melalui Ekspektasi adalah negatif, namun pengaruh total terhadap kepuasan penumpang adalah signifikan dengan hubungan antar variabel positif yang disebabkan adanya kemampuan membayar tarif dan kepuasan masyarakat terhadap pemberlakuan tarif yang belum memenuhi ekspektasi secara umum. Ekspektasi Penumpang kapal angkutan penyeberangan di lintas Bolok – Hansisi berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Kepuasan Penumpang dengan hubungan antara variabel yang positif.

Article Details

How to Cite
MAILAU, Engelberd Leonardo; YENITA, Yenita. Analisis Kepuasan Dan Ekspektasi Penumpang Angkutan Penyeberangan Dengan Pengembangan Metode Servqual Dan Tarif Di Lintas Bolok - Hansisi. JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 67-75, oct. 2023. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/986>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v8i2.986.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.